KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT karena berkat rahmat dan karuniaNya
kami dapat menulis makalah ini, bagi yang membaca kami mohon maaf jika ada
kekurangan dalam makalah ini. Kiranya dapat memberi saran dan kritik untuk
kesempurnaan makalah ini. Semoga bermamfaat bagi kita semua.
Sengkang
, Agustus 2012
Penulis
Andi Afdhal Rasydiman
DAFTAR ISI
KATAPENGANTAR……………………………………………………...….. ..i
DAFTAR ISI…………………………………………………………..………...ii
BAB I.
Pendahuluan…………………………………………………………….iii
Latar
belakang…………..………………………………………….……………1
Tujuan
makalah………………………………………………………………….
BAB
IV PEMBAHASAN…………………..............................…..…..………….9
A
Negara maju……….……...……………....................................…………..9
B Negara berkembang……………………….................................…..…...10
BAB
3 PENUTUP ………………………...………………..…………….…..…16
Saran……………………………………………………………………………..16
Kesimpulan ….……...............................………………………………….…..…16
BAB1 Pendahuluan
1. LATAR BELAKANG
Pembelajaran
ips terpadu merupakan peramuan pembelajaran ilmu – ilmu social yang tergabung
dalam satu mata pembelajaran umum yakni ips terpadu yg terdiri atas didiplin
ilmu social yaitu sosiologi, geografi, sejarah, dan antropologi
Tujuan di adakanya pembelajaran ini
untik pengetahua umum ats ilmu social secara menyeluruh,
2.
Tujuan Makalah
Kami membuat makalah ini tentunya memiliki tujuan yaitu:
· Untuk mengetahui informasi tentang
Negara maju
· Untuk mengetahui informasi tentang
Negara berkembang
BAB 2 Pembahasan
A.
Negara Maju dan Negara Berkembang
Negara di dunia terglong 2 jenis
yaitu :
1. Negara maju
Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata.
Negara–Negara yang termasuk ke dalam Negara sebagian besar
menempati kawasan benua eropa, amerika dan Australia. selanjutnya
beberapa Negara – Negara membentuk sekelompok Negara yang di sebut
kelompk Negara G-8, yaitu terderi dari Negara amerika serikat, ingris, jepang,
kanada, belanda ,jerman, dan rusia.uk selanjutnya kita akan mempelajari Negara
–negara maju melalui kondisi fisik (social, ekonomu, budaya)
Negara
berkembang adalah sebuah negara dengan rata-rata pendapatan yang rendah, infrastruktur yang relatif terbelakang, dan indeks perkembangan
manusia yang
kurang dibandingkan dengan norma global.
1.
Amerika serikat
A. Keadaan umum
Amerika Serikat (bahasa Inggris: United States of America - USA atau United
States - U.S.) adalah sebuah republik federal yang terdiri dari 50 negara
bagian dan
sebuah distrik federal. Kecuali Alaska (utara Kanada)
& Hawaii (lautan Pasifik), 48 negara bagian lainnya serta distrik
federalnya terletak di Amerika Utara.
B. Keadaan alam
a) Letak dan batas wilayah
1. Letak astronomi :
240
33’LU – 700 23’ LU dan 1720 BT – 660 BB
2. Batas wilayah :
Amerika
Serikat berbatasan dengan Meksiko dan Teluk Meksiko di sebelah selatan, dan dengan Kanada di sebelah utara dan barat laut (eksklave Alaska). Di sebelah barat negara ini berbatasan dengan Samudra Pasifik dan di sebelah timur dengan Samudra Atlantik.
C. Keadaan penduduk
Penduduk
amerika serikat berjumlah + 293.027.570 jiwa dengan tingkat
kepadatan penduduk 32 jiwa /km2 , penduduk amerika serikat terdiri
dari pendudkuk berkulit putih (+85%),orang kulit hitam (+12,1%)
Dan kelompok etnis lain (+2,9%)
D. Perekononian
Ekonomi
AS ialah salah satu yang terpenting di dunia. Banyak negara telah menjadikan dolar AS sebagai tolok ukur mata uangnya, artinya berharga atau tidaknya mata uang mereka ditentukan
oleh dolar. Sejumlah negara menggunakan dolar sebagai mata uangnya. Bursa saham AS dipandang sebagai indikator ekonomi dunia.
E. Kebudayaan
Perkembangan
Budaya Amerika Serikat — sejarah, hari-hari libur, olah raga, agama, kuliner, musik, tari, dan seni rupa — banyak dipengaruhi oleh budaya eropa, khususnya inggris, serta budaya indian sebagai masyarakat asli.
F. Pemerintahan
Pemerintahan
amerika serikat menganut system federal y aitu Federal adalah kata sifat
(adjektif) dari kata Federasi. Biasanya kata ini merujuk pada pemerintahan pusat atau pemerintahan pada tingkat nasional, kepala
negaraa di pimpin presiden.
2
Jepang
A. Keadaan umum
Jepang (bahasa Jepang:, nama resmi: Nipponkoku/Nihonkoku
adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur., Nippon/Nihon yang berarti matahari terbit
sehingga Negara ini di kenal dengan julukan negeri mata hari terbit atau negeri
sakura “ serta penduduknya terkenal suka bekerja keras dan mempunyai
kedisiplinan yang tinggi.
B. Keadaan alam
1. Letak astronomi :
300
LU dan 1280 BT – 149 BB
2. Batas wilayah :
Letaknya
di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Cina, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di
Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau
kecil di Laut Cina Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.
C. Keadaan penduduk
Penduduknegeri jepang berjumlah +
127.333.000 jiwa, di liat dari jumlah penduduknya jepang merupakan Negara
terbesar ke tujuh di dunia setelah cina, india, rusia, amerika serika,
Indonesia, dan brazil,
D. Perekonomian
E. Sejak periode Meiji (1868-1912), Jepang mulai menganut ekonomi pasar bebas dan mengadopsi kapitalisme model Inggris dan Amerika Serikat. Sistem pendidikan Barat
diterapkan di Jepang, dan ribuan orang Jepang dikirim ke Amerika Serikat dan
Eropa untuk belajar. Lebih dari 3.000 orang Eropa dan Amerika didatan
Kebudayaan
Negara
jepang memiliki tingkat kebudayaan yang tinggi dan banyak dikagumi oleh orng-
prang luar jepang, berikut beberapakebudayaan jepang.
1. Noh
seni
drama kuno yang permananya memakaitopeng dan bergerak dalam melangkah – melangkah
tarian yang khidmat dan hati – hati sedangkan ceritanya di bacakan dengan penuh
kekhusukan.
2.
Kabuki
seni
drama boneka yang berperan dengan perasaan dan kekaguman yang begitu kuat.
3.
Chanoyu
upacara
perjamuan minum teh dan tata cara tamu menghargai keramahan tuan rumah,
penekanan kesenian ini adalah keindahan peralatan yang du gunakan, kemuliaan
tuan rumah, keharuman ter yang di sajikan, serta kesopanan orang yang hadir
dalam perjamuan tersebut.
4. Ikebana
seni
penataan bunga yang banyak di sukai lelaki maupun perempuan
5. Origami seni
melipat kertas
6. Hasilkebudayaan lain
seperti bekebun dan seni bela diri (karate, judo, juijitsu, sumo)
F. Pemerintahan
Jepang
menganut sistem negara monarki
konstitusional
yang sangat membatasi kekuasaan Kaisar Jepang. Sebagai kepala negara seremonial, kedudukan Kaisar Jepang
diatur dalam konstitusi sebagai "simbol negara dan
pemersatu rakyat". Kekuasaan pemerintah berada di tangan Perdana Menteri
Jepang dan
anggota terpilih Parlemen Jepang, sementara kedaulatan sepenuhnya
berada di tangan rakyat Jepang. Kaisar Jepang bertindak sebagai kepala negara dalam urusan diplomatik.
2. Negara Berkembang
Negara berkembang adalah sebuah negara dengan rata-rata pendapatan yang rendah, infrastruktur yang relatif terbelakang, dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan dengan norma global. Istilah ini
mulai menyingkirkan Dunia
Ketiga, sebuah
istilah yang digunakan pada masa Perang Dingin.
1.
Arab Saudi
A. Keadaan umum
Arab Saudi atau Saudi Arabia atau Kerajaan Arab Saudi adalah
negara Arab yang terletak di Jazirah Arab. Beriklim gurun dan wilayahnya sebagian besar
terdiri atas gurun pasir dengan gurun pasir yang terbesar
adalah Rub Al Khali. Orang Arab menyebut kata gurun pasir dengan kata sahara, dan Laut Merah.
B. Keadaan alam
1. Letak dan batas wilayah.
a) Letak
astronomi :
Arab
Saudi terletak di antara 15°LU - 32°LU dan antara 34°BT - 57°BT. Luas
kawasannya adalah 2.240.000 km². Arab Saudi merangkumi empat perlima
kawasan di Semenanjung Arab dan merupakan negara terbesar di Asia Timur Tengah. Permukaan terendah di sini ialah di Teluk Persia pada 0 m dan Jabal Sauda' pada 3.133 m. Arab Saudi terkenal
sebagai sebuah negara yang datar dan mempunyai banyak kawasan gurun. Gurun
b) Batas
wilayah :
Negara
Arab Saudi ini berbatasan langsung (searah jarum jam dari arah utara) dengan Yordania, Irak, Kuwait, Teluk Persia, Uni Emirat Arab, Oman, Yaman,
C. Keadaan penduduk
Penduduk Arab Saudi adalah mayoritas
berasal dari kalangan bangsa Arab sekalipun juga terdapat keturunan dari bangsa-bangsa lain
serta mayoritas beragama Islam. Di daerah daerah industri dijumpai penduduk
dari negara-negara lain sebagai kontraktor dan pekerja asing atau ekspatriat
D. Perekonomian
Wilayah
ini dahulu merupakan wilayah perdagangan terutama di kawasan Hijaz antara Yaman-Mekkah-Madinah-Damaskus dan Palestina. Pertanian dikenal saat itu dengan perkebunan
kurma dan gandum serta peternakan yang menghasilkan daging serta susu dan
olahannya. Pada saat sekarang digalakkan sistem pertanian terpadu untuk
meningkatkan hasil-hasil pertanian.
E.
Pemerintahan
Arab Saudi menggunakan sistem Kerajaan atau Monarki. Hukum
yang digunakan adalah hukum Syariat Islam dengan berdasar pada
pengamalan ajaran Islam berdasarkan pemahaman kaum Wahhabi terhadap Al Qur'an dan Hadits. Memiliki hubungan internasional dengan negara negara lain
baik negara negara Arab, negara-negara anggota Organisasi
Konfrensi Islam,
maupun negara negara lain.
2.
Indonesia
A.
keadaan umum
Indonesia adalah negara kepulauan di Asia Tenggara yang memiliki 17.504 pulau besar dan kecil, sekitar 6.000
di antaranya tidak berpenghuni, yang menyebar disekitar khatulistiwa, yang memberikan cuaca tropis.
B.
Keadaan alam
a) Letak astronomi :
Posisi
Indonesia terletak pada koordinat 6°8LU - 11°08'LS dan dari 95°'BB - 141°45'BT serta terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia/Oseania.
a) Batas wilayah :
Wilayah
Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km² dan luas
perairannya 3.257.483 km². Pulau terpadat penduduknya adalah pulau Jawa, dimana
setengah populasi Indonesia bermukim. Indonesia terdiri dari 5 pulau besar,
yaitu: Jawa dengan luas 132.107 km², Sumatera dengan luas 473.606 km², Kalimantan dengan luas 539.460 km², Sulawesi dengan luas 189.216 km², dan Papua dengan luas 421.981 km². Batas wilayah Indonesia diukur
dari kepulauan dengan menggunakan territorial laut: 12 mil laut serta zona ekonomi eksklusif: 200 mil laut,
C.
Keadaan penduduk
Indonesia adalah Bangsa Austronesia, dan terdapat juga
kelompok-kelompok suku Melanesia, Polinesia, dan Mikronesia terutama di Indonesia bagian Timur. Banyak penduduk
Indonesia yang menyatakan dirinya sebagai bagian dari kelompok suku yang lebih
spesifik, yang dibagi menurut bahasa dan asal daerah, misalnya Jawa, Sunda, Madura, Batak, dan Minangkabau.
Selain
itu juga ada penduduk pendatang yang jumlahnya minoritas diantaranya adalah
etnis Tionghoa, India, dan Arab. Mereka sudah lama datang ke Nusantara melalui perdagangan
sejak abad ke 8 M dan menetap menjadi bagian dari Nusantara. Di Indonesia
terdapat sekitar 4 juta populasi etnis Tionghoa.[52] Angka ini berbeda-beda karena hanya pada tahun 1930 dan
2000 pemerintah melakukan sensus dengan menggolong-golongkan masyarakat
Indonesia ke dalam suku bangsa dan keturunannya.
Islam adalah agama mayoritas yang dipeluk oleh sekitar 85,2% penduduk
Indonesia, yang menjadikan Indonesia negara dengan penduduk muslim terbanyak di
dunia.[40] Sisanya beragama Protestan (8,9%), Katolik (3%), Hindu (1,8%), Buddha (0,8%), dan lain-lain (0,3%). Selain agama-agama tersebut,
pemerintah Indonesia juga secara resmi mengakui Konghucu.[53]
Kebanyakan
penduduk Indonesia bertutur dalam bahasa daerah sebagai bahasa ibu, namun bahasa resmi negara, yaitu bahasa Indonesia, diajarkan di seluruh sekolah-sekolah di negara ini dan
dikuasai oleh hampir seluruh penduduk Indonesia
D. Perekonomian
Sistem ekonomi Indonesia awalnya didukung dengan
diluncurkannya Oeang Repoeblik Indonesia (ORI) yang menjadi mata uang pertama
Republik Indonesia, yang selanjutnya berganti menjadi Rupiah. Idonesia
berpenghasilan rata-rata berkisar antara U$820 yang didukung beberapa
sector seperti :
1. Pertanian
2. Perkebunan
3. Perternakan
4. Pertambngan
5. Pariwisata
6. Perdagangan, Perdagangan
ini mencakup dua sektot yaitu :
a. Ekspor
b. Impor
E.
Kebudayaan
Indonesia memiliki sekitar 300 kelompok etnis, tiap etnis
memiliki warisan budaya yang berkembang selama berabad-abad, dipengaruhi oleh
kebudayaan India, Arab, Cina, Eropa, dan termasuk kebudayaan sendiri yaitu Melayu. Contohnya tarian Jawa dan Bali tradisional memiliki aspek budaya
dan mitologi Hindu, seperti wayang kulit yang menampilkan kisah-kisah
tentang kejadian mitologis Hindu Ramayana dan Baratayuda. Banyak juga seni tari yang
berisikan nilai-nilai Islam. Beberapa di antaranya dapat
ditemukan di daerah Sumatera seperti tari Ratéb Meuseukat dan tari Seudati dari Aceh.
F.
Pemerintahan
Indonesia menjalankan pemerintahan republik presidensial multipartai yang demokratis. Seperti juga di negara-negara
demokrasi lainnya, sistem politik di Indonesia didasarkan pada Trias Politika yaitu kekuasaan legislatif, eksekutif dan yudikatif. Kekuasaan legislatif dipegang oleh
sebuah lembaga bernama Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
MPR
pernah menjadi lembaga tertinggi negara unikameral, namun setelah amandemen ke-4 MPR bukanlah lembaga tertinggi
lagi, dan komposisi keanggotaannya juga berubah. MPR setelah amandemen UUD
1945, yaitu sejak 2004 menjelma menjadi lembaga bikameral yang terdiri dari 560 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang merupakan wakil rakyat melalui Partai Politik, ditambah dengan 132 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang merupakan wakil provinsi dari jalur independen.
BAB III PENUTUP
A. Saran
Saran saya untuk makalah ini yaitu
ü Makalah
ini masih belum sempurnah,oleh karena itu mohon di tambah informasih informasih
yang lain
ü Makalah
ini masih perlu perbaikan pada masalah kosah kata,oleh karena itu butuh
ketelitian dalam penulisannya
ü Makalah ini masih perlu diberi
informasih yang lain seperti perbedaan Negara maju dan Negara berkembang
B.
kesimpulan
Pembelajaran
ini merupakan unsure dari didiplin ilmu social yang mempelajri tentang Negara
Negara maju dan berkembang sehingga kita mendapat pemahan yang jelas
tentang materi ips terpadu
d